Rabu, 15 Februari 2012

“Eits… Jangan Genit di Internet!”

Sobat muda muslim, dunia maya alias cyber space memang udah kian maju. Rentang jarak berjuta kilometer udah bukan problem lagi buat berkomunikasi, juga cari informasi. Betul, kan? Nah, berterima kasih dong sama para ilmuwan teknologi yang udah kasih sumbangsih kemajuan ini kepada kita semua. Nyari informasi jadi enak, bikin tugas juga lancar bahkan cari temen yang jaraknya jauuuuh banget dari tempat kita tinggal cukup bisa ketemu di depan monitor kompi (komputer), lepi (laptop), gadget & tablet. Nyewa jasa internet di warnet juga udah murah banget, apalagi ngambil yang paket. Waah… bisa bawa perangkat makan-minum-sholat- guling en bantal ke warnet nih. Apalagi yang udah punya modem atau fasilitas wifi, bisa ngenet kapan dan di manapun. Online terus baik di kampus, kafe atau lingkungan RT dan rumah sendiri.  Awas bablas ngenetnya! Wes ewes ewes! Hahahay! Ati-ati, Bro en Sis!

Yup, akhirnya dunia maya serasa di genggaman tangan. Gue aja kalo nggak pake hape yang gadget rasanya kurang banget. Ibarat ngerujak tanpa bumbu kacang plus lombok dan garam gitu, deh. Ya iyalah, gimana gue bisa nge-update status di FB en nge-tweet di Twitter (hehehe), bales-bales komen, baca dan bikin note, belum lagi nanggepin transaksi order yang belanja barang di FB gue? Selain itu, sekalian reuni temen-temen SD, juga SMP,  , terus cek info-info plus nge-update di halaman kampus tempat sekolah gue. Cek email kali ada yang komen di blog gue atau order nulis dariforum pelajar islam (hehehe…). Belum lagi sebar tautan dari web-web yang punya informasi penting. Wis, pokoknya banyak hal. Then..back to topic ya! Kita bahas yang genit-genit!

Akhwat genit, ikhwan genit
Jadi mirip-mirip lagunya si Vidi deh. Gadis Genit hehe. Tapi nggak enak banget ya kok embel-embelnya genit gitu. Hmm…  ya gitu deh dari jaman gue aktif di dunia maya, mulai ngetem di Internet Relay Chatting (IRC), Yahoo Messenger, mailing list, Friendster, Multiply, Kaskus ampe Facebook en Twitter yang namanya ikhwan-akhwat spesies genit ya memang ada. Mungkin banyak juga lho.

Bro en Sis , emang ciri-ciri spesies genit ini seperti apa sih? Coba deh kamu googling pake keyword search “ikhwan & akhwat genit”. Wah, seabreg dah link muncul! Dari sekian link yang muncul dan udah gue oprek, muncul dah kesimpulan, bahwa ikhwan en akhwat genit adalah yang dalam berkomunikasi dengan lawan jenis udah kayak nggak ada batas alias bebas. Bahkan ampe nekat pasang foto profil ala model sampul yang tampil imut dan unyu di FB-nya. Wooo! Selain itu rajin kirim-kirim puisi motivasi.  Isi puisinya udah bener, tapi kirimnya yang ‘salah’  tujuan, yakni ke wall ikhwan or akhwat idaman. Jiaaah… ketahuan punya niat banget!

Belum lagi kalo hasil hubungan di soc-med (social media) itu nyampe ke jalur yang lebih privat alias pribadi. Udah rajin chatting berdua, rutin sms-an atau oret-oret di wall satu sama lain yang full pesan-pesan mengandung umpan: “Ukhti / Akhi, udah tahajud? Udah dhuha? Udah maem? Udah mimi obat? Halaqohnya yang rajin ya, Ukh/Akh. Smangad!” Buset dah!

Nah, yang jadi pertanyaan padahal kan udah menyandang titel ‘ikhwan-akhwat’ yang mafhumnya dikenal sebagai orang-orang muda yang paham Islam, jadi contoh dan menjaga pergaulan di antara lawan jenis.  Tapi kok bisa bablas begitu? Aduh, memalukan banget!

Boys and gals, sebenernya ada sih orang-orang yang sengaja biar orang lain tahu dengan sendirinya kalo lawan jenis yang sering jadi tujuan ‘kegenitan’ mereka sebenernya adalah istri/suami, kakak/adik, atau sodaranya. Jadi wajar dong, dia akrab dengan lawan jenis yang dimaksud. Cuma yang liat ato ngebaca status dan komennya aja kali jadi rada nggak enak hehe.. Kesannya kok genit gitu ama lawan jenis.  Kalo gitu, gimana kalo pindah ke inbox aja komunikasi yang kesannya nggak jaga wara’ (*kamu tahu istilah wara’ kan? Ya, wara’ artinya menahan diri dari hal-hal yang dapat menimbulkan mudharat lalu menyeretnya kepada hal-hal yang haram dan syubhat, karena syubhat ini dapat menimbulkan mudharat). Nah, walaupun ‘kegenitan’ itu memang dilakukan dengan suami/istri, kerabat/mahrom kita, tetapi harus menjaga persepsi orang lain dan kecurigaan mereka. Untuk menghindari itu kamu bisa bikin grup khusus keluarga. Jadi dengan begitu orang bakal tahu yang ngumpul di grup itu adalah keluarga kita. Sip dah!,,..sampai di sisni dulu..

1 komentar:

  1. assalamu alaikum,,,

    bener sekali sob,, apalagi kalo abege-abege,, mni sok gararenit statusnya,,

    WasSalam

    BalasHapus